Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Hal 54, 55, 56, 57, 58
Dengan adanya jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh Guru yang ada disekolah siswa masing-masing.
Buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Kurikulum 2013 SD/MI
Kunci Jawaban Tematik Halaman 54
Ayo Mengamati
Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud.
Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.
Bacalah puisi itu di depan kelas secara bergiliran.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 54
Ayo Mengamati
1. Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan di depan kelas.
2. Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.
Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya.
Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.
Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.
Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya.
Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya.
Makna lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.
Kunci Jawaban Halaman 55, 56, 57
Ayo Berdiskusi
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa!
2. Bacalah syair lagu-lagu berikut!
3. Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut!
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa
(Dicuplik dari lagu Indonesia Pusaka, ciptaan Ismail Marzuki)
Isi lagu
Waktu kukecil hidupku amatlah senang
Senang dipangku-dipangku dipeluknya
Serta dicium- cium dimanjakan
Namanya kesayangan
(Dicuplik dari Lagu Kesayangan, Ciptaan Daljono)
Isi lagu
Isi lagu cuplikan dari lagu kesayangan, ciptaan Daljono adalah Ungkapan rasa senang ketika waktu kecil selalu disayangi dan dimanja oleh ayah dan ibu
Tempo lagu yang sesuai adalah Moderato atau sedang agak cepat
Udara cerah berlangit biru
Ingin aku bersenang-senang bersamamu
Bernyanyi-nyanyi dan menari
Di alam bebas dan segar seperti ini
(Dicuplik dari lagu Hati Gembira, ciptaan AT Mahmud)
Isi lagu
Isi lagu cuplikan dari lagu hati gembira, ciptaan AT Mahmud adalah kegembiraan di seorang anak dapat berkumpul yang menarik di alam bebas bersama dengan teman-temannya
Tempo lagu yang sesuai adalah alergo atau cepat
Ibu guru kami pandai bernyanyi
Pandai bercerita asyik sekali
Kami dibimbingnya dengan tulus hati
Jadi orang berguna di kemudian hari
(Dicuplik dari lagu Ibu Guru Kami, ciptaan Mochtar Embut)
Isi lagu
Isi lagu cuplikan dari lagu ibu guru kami ciptaan Mochtar embut adalah tentang ibu guru kami dengan tulus hati berguna di kemudian hari
Tempo lagu yang sesuai adalah adagio atau lambat
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung di kebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
(Dicuplik dari lagu Menanam Jagung, ciptaan Ibu Sud)
Isi lagu
Isi lagu menanam jagung ciptaan ibu Sud adalah arti kehidupan kalau kita menanam sesuatu kita akan memetik buah dari apa yang kita tanam mencangkul berarti kita bekerja keras hidup tanpa bekerja kita tidak akan mendapatkan sesuatu
Tempo lagu yang sesuai adalah Allgretto atau agak cepat dan riang
4. Setiap anggota kelompok mencoba membuat satu bait syair lagu.
5. Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu tersebut.
6. Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.
Tempo lagu yang sesuai menentukan keindahan lagu tesebut. Selain itu, keindahan lagu juga ditentukan oleh ketepatan kita menyanyikan lagu sesuai dengan nadanya. Keindahan lagu ditentukan juga oleh ketepatan menyanyikan lagu sesuai tinggi rendahnya nada.
0 Response to "Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 Hal 54, 55, 56, 57, 58"
Post a Comment